Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Stres Berkendara Bisa Picu Obesitas! Ini Tips Atasi Stres akibat Macet

  News /   25 September 2020

Stres tak jarang jadi kendala bagi pengendara mobil. Baik disebabkan macet, kondisi fisik yang lelah, atau faktor eksternal lain yang sedang jadi beban pikiran. Yang berbahaya, jika stres mengganggu konsentrasi Anda saat menyetir. Tak hanya bahaya bagi keselamatan Anda sebagai pengendara, tapi juga bagi orang lain seperti penumpang dalam mobil, sesama pengendara di jalan, atau pejalan kaki.

Sobat Honda tahu tidak kalau stres bisa jadi pemicu beragam gangguan fisik? Mulai dari stabilitas tubuh yang merosot, daya kerja otak menurun, hingga potensi obesitas bisa jadi dampak stres. Bahkan menurut penelitian, pengemudi yang memiliki waktu berkendara intens setara lebih dari satu jam per hari memiliki rata-rata berat badan dan lingkar pinggang di atas batas normal.

Tapi, tidak perlu waswas, Sobat Honda! Honda Outside Java punya beberapa tips untuk mengurangi stres selama berkendara. Yuk simak tips-tips ini!

1. Jaga kondisi fisik

Kondisi fisik yang fit memang jadi kunci efektivitas dan produktivitas Anda sehari-hari. Tak hanya memengaruhi stamina, kondisi fisik yang baik juga berpotensi membentuk mood baik Anda dalam bekerja dan berkendara. Anda bisa mulai dari cara sederhana, seperti mengonsumsi makanan sehat, beristirahat cukup, serta berolahraga.

Untuk Anda yang tidak punya waktu luang untuk berolahraga, jangan khawatir! Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti gerakan squat, plank dan wall sits. Cukup 10 hingga 15 menit setelah Anda bangun pagi, gerakan-gerakan ini bisa memengaruhi stamina dan mood baik Anda sepanjang waktu kerja dan berkendara. Selain itu, Anda juga bisa melakukan peregangan-peregangan kecil di tengah aktivitas untuk melemaskan otot-otot tubuh.

2. Lakukan peregangan tubuh

Stres saat berkendara bisa disebabkan kelelahan otot-otot tubuh. Umumnya, disebabkan duduk berjam-jam depan komputer, atau berjam-jam terjebak macet sewaktu pulang kerja. Apa lagi, jam pulang kerja biasa jadi puncak waktu macet di ibu kota. Mengatasi pegal pada leher, punggung atau pinggang, Anda bisa lakukan peregangan kecil. Biasanya, pegal pada punggung juga disebabkan duduk dengan postur bungkuk terlalu lama. Usahakan untuk selalu duduk dalam kondisi yang baik ya, Sobat Honda! Jangan lupa, hal-hal kecil ini bisa berdampak besar bagi tubuh.

3. Lakukan olah nafas

Sudah tahukah bahwa tarik nafas panjang bisa jadi cara mengendalikan stres? Terdengar sepele, padahal teknik pernafasan bisa jadi pertolongan pertama untuk Anda yang stres kala terjebak macet. Jika berkepanjangan, stres bisa memicu hipertensi dan masalah jantung. Nah dengan membiasakan teknik menarik dan membuang nafas dengan hitungan secara teratur, Anda bisa mengembalikan ketenangan pikiran dan kestabilan detak jantung. Sobat Honda, jangan ragu untuk mencoba olah nafas sebagai pertolongan pertama pada stres berkendara ya!

4. Hindari berkendara terburu-buru

Tak jarang, stres timbul ketika Anda mesti hadir di suatu acara tepat waktu, namun terancam terlambat karena terjebak macet. Belum lagi, kalau acara yang hendak dihadiri adalah meeting penting urusan pekerjaan. Nah, jangan biarkan stres merusak hari baik Anda ya, Sobat Honda! Mengatasi risiko ini, Anda bisa mencoba dari hal terkecil, misalnya membiasakan diri berangkat tepat waktu. Jadi jika Anda terpaksa bertemu macet di perjalanan, Anda masih punya sisa waktu dan bisa hadir di acara tepat waktu.

5. Buat kabin mobil yang nyaman

Urusan kecil ini ternyata punya peran besar pada kenyamanan berkendara Anda loh, Sobat Honda! Untuk meminimalkan risiko stres di tengah macet, Anda bisa membuat kabin mobil Anda serapi mungkin, sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda. Yang tak kalah penting, pastikan kabin mobil Anda bersih dari sampah dan noda bekas makanan agar kabin tak jadi sarang bakteri. Untuk menambah kenyamanan, pewangi mobil boleh jadi andalan Anda. Pastikan pilihan pewangi sesuai dengan kenyamanan Anda, ya!

Kami memahami, medan berkendara bisa jadi pemicu stres yang berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Untuk itu, Honda senantiasa berupaya menjaga Anda. Pada mobil Honda terdapat fitur Cruise Control (red: Honda Jazz, City, HR-V & CR-V) yang berfungsi menjaga kecepatan mobil tanpa injak gas, Honda siap menjaga Anda yang lelah karena hiruk-pikuk jalan raya. Cukup dengan tekan tombol, kecepatan bisa dikendalikan, kaki Anda pun bisa beristirahat.

Tak hanya itu, fitur Honda lainya seperti Hill Start Assist (HSA) contohnya di Honda Mobilio yaitu sebuah sistem pengereman yang mempermudah Anda menyetir di jalan menanjak dalam kondisi macet. HSA mencegah mobil Anda mundur ketika Anda melepas pedal rem untuk berpindah ke pedal gas.

Sudah waktunya Anda pulih dari masalah stres akibat macet dan lelah berkendara. Bersama Honda, kami siap menjaga perjalanan Anda dengan Aman dan Nyaman.

Yuk, hubungi dealer resmi Honda terdekat di kota Anda dan jemput mobil impian Anda hari ini!

Untuk list dealer di kota Anda klik di sini.

 

Honda!

The Power of Dreams!