Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Selain Masalah Pembakaran, Ini yang Bikin Mesin Mobil Ngelitik

  News /   16 November 2022

Untuk menjaga akselerasi dan performa mobil tetap prima, pemilik wajib memperhatikan urusan perawatannya.  Apalagi untuk mobil modern dengan sistem injeksi, perawatan relatif mudah karena tak harus ada penyetelan manual.

Dikutip dari otomotif.kompas.com, Sistem kompresi bahan bakar diatur oleh electronic control unit (ECU). Poin krusial yang membutuhkan perawatan jumlahnya terbatas, menyangkut pengapian, jalur bahan bakar, dan aliran udara.  Kompresi mesin kendaraan mengandalkan komponen throttle body yang mengatur ritme kebutuhan bahan bakar masuk ruang bakar.
 
Jika komponen tersebut kotor, efeknya tenaga mesin dan konsumsi bahan bakar langsung terasa loyo. Lantas apakah gejalanya sama seperti ruang bakar bermasalah?   

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, gejala ruang bakar mesin bermasalah dan throttle body kotor sama saja.  Pengendara yang peka terhadap perbedaan performa biasanya akan merasakan mesin lambat jika berakselerasi. Saat pedal gas diinjak mendadak terdengar bunyi mesin ngelitik.  

 

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Ini Rahasia Nyetir Mobil Matic Agar Lebih Irit Bahan Bakar 

 
"Sama gejalanya, saat akselerasi mesin spontan rasanya jadi berat. Udara yang masuk tidak sesuai apa yang terbaca oleh ECU," katanya kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2022).  Throttle body yang kotor juga bisa dijadikan patokan kondisi ruang bakar kendaraan kurang sehat.  

 Menurut Kempes, kotoran yang menumpuk di kupu-kupu valve throttle body merupakan sisa endapan dari karbon dari dalam ruang bakar.  "Kepala piston yang penuh kotoran kerak karbon overload saat proses kompresi.  

Saat katup bukaan gas throttle body terbuka, udara keluar dari ruang bakar sudah terkontaminasi partikel kotoran," ucapnya. Deteksi throttle body yang sudah kotor pun bisa dilihat dari warna ujung elektroda busi. Jika warnanya kehitaman menandakan kompresi mesin bermasalah. 
 
"Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar  tidak seimbang karena throttle body penuh kotoran. Pengapian mesin tidak seimbang, jadi busi berwarna hitam, menandakan kompresi miskin udara," kata dia.  

 

Baca Juga: Enggak Nyangka, Ternyata Ini Pentingnya Lakukan Rotasi Ban Mobil Secara Berkala 

 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, throttle body berdasarkan fungsi dikategorikan sarana sirkulasi udara. Filter udara, intake manifold, dan throttle body terhubung satu jalur mengatur pasokan udara sesuai kebutuhan mesin.  
 
"Komposisi kompresi mesin injeksi prosesnya tergantung tiga skema rangkaian sistem yang diatur seluruhnya perangkat ECU. Pertama aliran bahan bakar, pasokan udara, dan pengapian berjalan normal. Jika tidak bisa tersinkronisasi dengan baik kompresi terganggu," ucap Bambang.