Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Jangan Panik! Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Kena Banjir

  News /   20 Oktober 2022

Cuaca ekstrem membuat beberapa ruas jalan terendam banjir. Kondisi ini membuat pemilik mobil harus ekstra waspada. Sebab mobil bisa jadi korban banjir dan terendam.


Dikutip dari oto.detik.com, Namun bagi detikers yang mobilnya dilengkapi dengan paket asuransi, tentu dapat mengajukan klaim perbaikan jika mobil terendam banjir. 
 
Dilansir dari Allianz Indonesia, ada beberapa langkah untuk mengajukan klaim asuransi mobil yang terkena banjir. 
 
1. Pastikan Polis Asuransi Dilengkapi dengan Proteksi Banjir 
Menurut Allianz, sebelum memilih asuransi untuk mobil kita, penting untuk mengetahui manfaat serta proteksi yang diberikan. 
 
Perlu diketahui bahwa tak semua asuransi mobil otomatis memberikan perlindungan terhadap bencana banjir. Sehingga penting untuk memastikan terlebih dahulu, apakah asuransi milik detikers sudah dilengkapi dengan perlindungan yang dibutuhkan. 
 
2. Segera Hubungi Penyedia Asuransi 
Setelah mengetahui bahwa kita memiliki proteksi banjir, hal yang harus segera dilakukan adalah menghubungi pihak asuransi untuk melaporkan kejadian. 

 

Baca juga: Awas! Ini Bahaya kalau Mobil Nekat Terobos Banjir  

  
 
Menurut Allianz, umumnya asuransi memiliki batas waktu pelaporan klaim, misalnya 72 jam atau 5 hari pasca kejadian. Jadi, jangan terlalu lama untuk melapor yah, detikers! 
 
3. Lengkapi Dokumen yang Disyaratkan 
Setiap perusahaan asuransi, umumnya memiliki persyaratan administratif untuk pengajuan klaim. Begitupun saat mobil terkena banjir. 
 
Setelah menghubungi pihak asuransi, baiknya detikers langsung menyiapkan dan memastikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, agar proses klaim berjalan lancar. 
 
4. Minta Bantuan Evakuasi 
Untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal, mobil korban banjir umumnya harus dievakuasi. Hindari untuk memaksakan diri membawa mobil ke bengkel sendiri. 
 
Menurut Allianz, jika detikers kurang cermat bisa ada tindakan yang kelak dinilai sebagai kesengajaan oleh pihak asuransi dan mempengaruhi validitas klaim. 

 

Baca juga: Apakah Benar Ban Profil Tipis Bikin Handling Mobil Stabil  

 
 
5. Hindari Tindakan Kesengajaan 
Meskipun mobil yang terkena banjir merupakan korban bencana, menurut Allianz tidak serta-merta membuat perusahaan asuransi meloloskan klaim. 
 
Sebab bukan tak mungkin, mobil yang terkena banjir sebenarnya buah dari kesengajaan. Contoh tindakan yang bisa dikategorikan kesengajaan misalnya memaksa menerobos genangan air atau menyalakan mesin saat mobil sudah terendam banjir.