Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Cegah Mobil Mogok Dengan Rawat Fuel Pump

  News /   28 Agustus 2020

Pompa bahan bakar (Fuel Pump) merupakan salah satu komponen yang tugasnya memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Terdapat dua jenis Fuel Pump yaitu mekanis dan elektrik. Saat ini Honda telah menggunakan jenis Fuel Pump elektrik. Fuel Pump elektrik terletak di dalam tangki bahan bakar, dan jauh dari mesin, hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pengendara. Meskipun posisi Fuel Pump terendam oleh bahan bakar, namun tetap aman dari potensi kebakaran karena minimnya oksigen pada area tersebut.

Secara sederhana, fungsi Fuel Pump pada kendaraan yaitu mensuplai BBM menuju ruang bakar pada mesin. Selain itu, Fuel pump juga berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang keluar dari tangki ke ruang bakar. Masalah yang akan muncul apabila fuel pump tidak bekerja dengan baik adalah proses pembakaran terganggu, hal ini menyebabkan kinerja mesin tidak optimal hingga terjadi mogok. Mengingat fungsi fuel pump yang penting, kami telah menyiapkan beberapa tips cara merawat Fuel Pump mobil Anda, agar tidak cepat rusak:

  1. Selalu gunakan bahan bakar berkualitas dan tampa timbal.
  2. Gunakan bahan bakar dengan RON minimal sesuai dengan standar rekomendasi Honda.

Jangan pernah mencampurkan jenis bahan bakar untuk kendaraan Anda ya, Sobat!

  1. Jaga kapasitas bahan bakar mobil Anda

Semakin sering bahan bakar mobil Anda berada di kondisi sedikit atau minim, akan semakin sering juga Fuel Pump bekerja lebih keras. Hal ini akan menyebabkan Fuel Pump menjadi cepat rusak.

  1. Ganti secara berkala filter bensin mobil Anda

Untuk mencegah terganggunya sistem pembakaran akibat penyumbatan kotoran, Sobat Honda sebaiknya melakukan penggantian filter bensin secara berkala setiap 48 bulan atau 80.000km (mana yang tercapai terlebih dahulu). Pastikan untuk mengganti filter bensin di dealer resmi Honda terdekat di kota Anda.

  1. Gunakan Honda Genuine Engine Cleaner

Tips yang terakhir, Jangan lupa gunakan Honda Genuine Engine Cleaner untuk membantu mengangkat sisa endapan pada injector mobil Anda, sehingga suplai bahan bakar bisa menjadi lebih optimal. Gunakan Honda Genuine Engine Cleaner setiap 10.000km.

                Selain merawat kondisi Fuel Pump, Anda juga harus memastikan bahwa Fuel Pump berada dalam kondisi yang baik. Bulan Juli kemarin, Honda melakukan program pemanggilan konsumen untuk perbaikan komponen Fuel Pump untuk produk-produk Honda di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) komponen Fuel Pump, dilakukan sebagai tindakan pencegahan terjadinya kemungkinan mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan Fuel Pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kampanye penggantian komponen Fuel Pump dimulai sejak tanggal 15 Juli 2020 dan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya. Anda dapat melihat informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi juga pada link berikut (http://pud.honda-indonesia.com). Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1446-632 dari Senin – Jum’at, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.

Untuk proses penggantian komponen Fuel Pump, konsumen dapat langsung menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store/Play Store. Bagi konsumen yang melakukan booking untuk penggantian Fuel Pump dengan menggunakan aplikasi Honda e-Care, akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis* selama periode bulan Juli – September 2020.

Segera lakukan pengecekan untuk mobil Anda ya, Sobat Honda, dan jangan lupa segera lakukan penggantian ke dealer resmi Honda jika dibutuhkan.

Honda!
The Power of Dreams!