Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Tips Mencegah Ban Pecah Ketika Berkendara

  News /   02 Oktober 2020

Lubang jalanan, polisi tidur yang terlalu tajam, jalanan rusak, hingga genangan air merupakan tantangan utama untuk ban mobil Sobat Honda. Apalagi, jika Anda sedang berkendara dengan kecepatan tinggi, kerusakan pada ban mobil sangat mungkin terjadi lho, termasuk masalah ban mobil pecah.

Ban mobil pecah mungkin jadi cerita horor bagi para pengendara mobil. Kasus ban pecah ini biasa terjadi di tol, tetapi tidak jarang juga terjadi di jalan-jalan kecil atau di jalan perumahan. Kondisi ini sangat berbahaya apabila mobil sedang berada dalam kecepatan tinggi sebelumnya, karena menyebabkan pengendara bisa hilang kendali. Faktanya, tidak sedikit kasus kecelakaan maut yang disebabkan ban mobil pecah.

Hal ini bisa diatasi kok, Sobat Honda! Asalkan, Anda mau melakukan langkah-langkah seperti pengecekan rutin secara mandiri atau di bengkel hingga memerhatikan berat barang bawaan mobil. Yuk simak hal-hal apa saja yang harus Sobat Honda lakukan agar perjalanan bersama mobil Honda kesayangan selalu aman dan nyaman:

1. Double check fisik ban mobil

Sobat Honda, pastikan Anda rajin melakukan double check pada ban mobil Anda ya! Memeriksa kondisi fisik ban adalah langkah paling utama sekaligus paling mudah untuk mencegah ban pecah. Ban mobil yang sering melalui jalanan rusak semakin lama kondisi karetnya akan aus, menipis, bahkan retak atau sobek. Bahaya banget, kan? Nah untuk menghindari risiko ban pecah ketika berkendara, sebaiknya Anda segera mengganti ban ke bengkel resmi Honda terdekat jika kondisi fisiknya sudah tidak baik.

2. Cek tekanan udara ban

Masalah tekanan udara adalah penyebab nomor satu kasus ban mobil pecah. Ketika ban mobil bersentuhan dan bergesek dalam kecepatan tinggi dengan permukaan aspal yang panas, karet ban akan memuai. Jika tekanan udara dalam ban terlalu tinggi atau rendah, kondisi ini bisa memicu ban pecah. Maka itu, pastikan tekanan udara ban mobil Anda sesuai ketentuan ya, Sobat Honda! Anda bisa melakukan pengecekan rutin setiap dua minggu sekali. Jika Anda sibuk, pengecekan tekanan udara ban bisa Anda lakukan paling lambat sebulan sekali.

3. Bersihkan ukiran ban dari kerikil ‘nyangkut’

Sering kali, kerikil dari permukaan jalanan terselip dan menyangkut di alur ukiran ban. Hal ini memang tidak bisa dihindari karena medan jalanan yang tidak seratus persen mulus dan banyak kerikil atau batu-batu kecil. Akibatnya, ban mobil akan mudah pecah, daya cengkeram ban pada permukaan jalan pun melemah. Untuk itu, pastikan alur ban tidak ketinggalan ketika Anda mengecek kondisi fisik ban ya, Sobat Honda! Jika memungkinkan, Anda bisa membersihkan permukaan alur sendiri.

4. Perhatikan muatan mobil, jangan sampai bawaan overload

Adakah dari Anda yang ketika mau bepergian jauh ke luar kota bingung harus bawa barang apa saja? Akibatnya, segala barang diangkut biar persiapan perjalanan super ekstra. Muatan mobil harus diperhatikan ya, Sobat Honda! Beban muatan mobil yang melewati batas bisa jadi penyebab ban mobil pecah ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Demi keamanan, pastikan muatan mobil Anda tidak overload agar kerja ban tidak terlalu berat. Usahakan untuk memilah barang mana yang wajib dibawa dan barang mana yang sebenarnya bisa ditinggal. Anda tidak perlu khawatir. Selama persiapan perjalanan matang, tubuh Anda fit dan kondisi mobil prima, perjalanan Anda akan tetap seru kok, Sobat Honda!

5. Rutin servis kaki-kaki mobil

Poin satu ini memang jadi kewajiban bagi semua pengguna mobil. Demi kenyamanan dan keamanan berkendara, patuhi anjuran servis rutin mobil ya, Sobat Honda! Dengan servis dan pengecekan rutin, Anda bisa mengoptimalkan kualitas kinerja komponen-komponen mobil. Termasuk ban dan rangkaian kaki mobil alias nomor satu kerja mobil kesayangan Anda.

Sudah pasti, pengecekan membutuhkan waktu dan tenaga Sobat Honda. Tapi, untuk keselamatan Anda dan keluarga, yuk sempatkan periksa kaki mobil!

Bagaimana nih, Sobat Honda? Kasus ban pecah harusnya bukan lagi cerita horor kalau Anda melakukan langkah-langkah pencegahan di atas. Anda tidak perlu takut karena Honda memahami kebutuhan Anda akan rasa aman dan perjalanan berkesan. Untuk Anda, bengkel resmi Honda siap siaga menjaga kinerja mobil Anda mengandalkan tenaga ahli terbaik, serta suku cadang berkualitas dan orisinal.

Yuk, lakukan pengecekan dan servis rutin untuk mobil kesayangan di bengkel resmi Honda kota Anda!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai servis mobil Honda, download Honda e-Care sekarang! Klik di sini untuk pengguna Android, dan klik di sini untuk pengguna iOS

Honda!

The Power of Dreams!