Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Tambal Ban Tubeless ala Bengkel Pinggir Jalan Part 2

  News /   21 Januari 2022

"Ada juga temuan di mana ban bocor dan ditambal dengan tambalan cacing sehingga tekanan ban berkurang hingga 15 psi tanpa disadari oleh pengendara. Ini juga berbahaya, dan kami sarankan agar ditambal dengan proses yang benar atau dilakukan ganti ban," ujar Rozi.Mengenai cara menambal ban tubeless yang aman, Country Manager Indonesia and Philippines (Tech International South East Asia Ltd), Unggul Kusumanto, pernah menjelaskannya kepada detikOto.

Baca Juga : Ini 9 Mobil Honda yang Meluncur di 2021

Menurut Unggul, metode tambal ban dari bagian luar atau disebut juga metode cacing itu hanya disarankan untuk sementara saja. Dan tidak untuk dipakai dalam jangka lama."Harus dari dalam. Kalau tambal tubeless dari luar saya merekomendasikannya hanya untuk tambalan sementara untuk darurat. Untuk tambalan permanen harus dari dalam," kata Unggul.

Menurut Unggul, kekurangan dari metode menambal ban dari luar adalah, bekas lubang tidak menutup sempurna. "Sehingga kadang-kadang bisa lepas tambalannya atau dalam kurun waktu tertentu ban bisa bocor halus," jelasnya lagi.Oleh sebab itu, pemilik kendaraan bermotor yang mengalami ban bocor, disarankan untuk menggunakan metode tambal ban dari dalam untuk proses perbaikan. Cara ini disebut Uni-Seal Repairs atau tambal payung.

Baca Juga : Honda Perkenalkan Versi Terbaru Dari E-Care, Aplikasi Multi Platform Untuk Mempermudah Layanan Penjualan Dan Purna Jual Bagi Konsumen

Unggul menjelaskan, kekurangan dari metode menambal ban dari luar adalah, bekas lubang tidak menutup sempurna. "Sehingga kadang-kadang bisa lepas tambalannya atau dalam kurun waktu tertentu ban bisa bocor halus," jelasnya lagi.Oleh sebab itu, pemilik kendaraan bermotor yang mengalami ban bocor, disarankan untuk menggunakan metode tambal ban dari dalam untuk proses perbaikan. Cara ini disebut Uni-Seal Repairs atau tambal payung.

Salah satu perusahaan yang memperkenalkan metode tambal ban ini adalah Tech Tire Repairs (TTR) yang berbasis di Amerika Serikat. Jika melihat proses tambal ban Uni-Seal Repairs, prosedurnya memang sedikit rumit, sebab harus melepas roda dan memisahkan ban dengan pelek.