Ask
Me


Test
Drive


Find


Brochure

Click
Me

Back
to Top

Jangan Salah Sangka, Ini Pemahaman Dari Rem ABS

  News /   29 November 2023

ABS ini sangat dapat membantu setiap pengendara dalam perjalanan, untuk itu komponen ini sangat perlu ada di kendaraan kalian, mengapa demikian? Ketika pedal rem diinjak, roda dapat terkunci bahkan sebelum kendaraan berhenti total. Dalam peristiwa ini, daya manuver kendaraan akan sangat berkurang dan terkadang hilang sama sekali, terutama bila roda depan yang terkunci (kendaraan akan selalu bergerak searah dengan dengan gaya beratnya ke manapun anda menggerakkan roda kemudi). 

Hal yang sama juga terjadi pada stabilitas pengendalian kendaraan anda, apabila roda belakang yang terkunci (gaya berat bagian belakang kendaraan yang tidak tertahan akan menyebabkan kendaraan menjadi berputar). 

 

Baca juga: Alasan Tangki Bensin Ada yang Di Kanan dan Di Kiri!

 

Pada setiap as roda memiliki rotor atau piringan yang bergigi 50 yang berputar dengan kecepatan yang sama dengan roda kendaraan. Setiap rotor dipasangi sensor yang mengubah kecepatan roda menjadi impuls listrik. Seluruh impuls listrik dari keempat roda dikirim ke komputer pusat yang terpasang pada kendaraan. Komputer ini membandingkan kecepatan dan percepatan dari tiap roda kendaraan. 

Sistem rem utama dilengkapi dengan "modulator". Modulator ini berfungsi mengontrol besarnya tenaga pengereman pada setiap roda kendaraan berdasarkan perintah dari komputer ABS. Dalam situasi pengereman normal, peran ABS tidak berpengaruh dan hal ini juga berlaku bagi pengereman di bawah kecepatan 10 kilometer per jam.

Dalam pengereman, apabila salah satu roda melambat lebih cepat (akan terjadi penguncian), maka hal ini akan terdeteksi oleh komputer. Komputer kemudian memerintahkan modulator untuk menyesuaikan besarnya tenaga pengereman bagi roda tersebut, sehingga roda itu tidak mengunci. Komunikasi antara roda - komputer pusat - modulator terjadi berkali-kali dalam sedetik. Dalam setiap kesempatan, penyesuaian ini terus-menerus dilakukan sampai roda yang bersangkutan berputar dengan kecepatan pengereman yang sama dengan roda yang lainnya sehingga menjamin adanya pengereman yang optimal. Selama proses penyesuaian ini berlangsung, apabila terasa "hentakan balik" atau "denyut" pada pedal rem, adalah hal yang normal.

Namun, dengan berkembangnya waktu penyebutan 'ABS' sekarang sudah cukup familiar terkadang masih ada saja yang kebingungan dan pemahaman yang kurang tepat tentang bagaimana ABS bekerja dan peran sebenarnya dalam keselamatan berkendara.

Di sini kita coba bongkar beberapa salah kaprah umum dan fakta-fakta penting yang perlu pengendara ketahui tentang Rem ABS.

Adapun beberapa kesalahan pemahaman tentang ABS ini adalah ketika rem ini akan secara otomatis dapat memberhentikan kendaraan pada jarak yang dekat/pendek. Hal ini merupakan pemahaman yang salah ya Sobat Honda. Karena ABS sendiri dirancang untuk mencegah roda jadi terkunci saat kalian menginjak rem dengan keras, bukan untuk mengurangi jarak dari proses pengereman. 

Karena seperti yang sudah disinggung, ketika roda terkunci, maka kendaraan bisa jadi hilang kendali. Kesimpulannya ABS dapat membantu pengemudi untuk menjaga kontrol kemudi saat kalian menginjak rem atau membantu mengendalikan kendaraan saat mengurangi kecepatan mendadak.

Nah, itu dia pembahasan mengenai rem ABS. Jadi sekarang kalian jangan salah kaprah lagi tentang ABS ya! Jika kalian membutuhkan bantuan untuk melakukan perawatan mobil, kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!